Dayintapinasthika's Blog

January 2, 2013

Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Kausalitas

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 8:14 am

Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Kausalitas

 

Generalisasi merupakan penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.

Generalisasi berasal dari kata “general” yang berarti umum atau menyeluruh.

Fakih SAmlawi (1989:9) mengemukakan bahwa : “Generalisasi merupakan sejumlah konsep yang memiliki karakteristik dan makna. Generalisasi adalah pernyataan tentang hubungan diantara konsep. Generalisasi mengungkapkan sejumlah besar informasi”.

Pendapat Savage dan Amstrong (1996:26) sebagai berikut : “Ketika angka pengangguran di suatu Negara meningkat, maka kejahatan dan criminal pun meningkat pula”.
Dari generelasisi tersebut terdapat berupa konsep yaitu : konsep pengangguran, konsep Negara, konsep kejahatan, dan konsep kriminal.

Contoh Paragraf Generalisasi:

Berdasarkan data keuangan pada tahun 2011, laba yang didapatkan oleh perusahaan Abadi Jaya adalah sebesar 250 juta rupiah. Dimana pada tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2010 perusahaan mampu menghasilkan laba sebesar 500 juta rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa prusahaan mengalami penurunan dalam menghasilkan laba sebesar 250 jutarupiah atau turun sebesar 50% dari tahun sebelumnya. Laporan mengenai hasil laba tersebut menjadi evaluasi perusahaan tentang kinerja perusahaan mereka. Pihak manajemen pun dituntut untuk segera mengambil tindakan dan kebijakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Analogi merupakan penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, kita dapat menarik suatu kesimpulan.

Berikut contoh paragraf induktif analogi:

Hidup manusia selalu di ibaratkan seperti roda yang terus berputar. Kadang ada kalanya seseorang berada di atas dan kadang pula berada di bawah. Dalam kehidupan apabila seseorang tidak dapat mempertahankan sesuatu dengan baik pasti akan cepat pula seseorang tersebut berada dibawah.  Mereka yang berada di atas bisa mendapatkan apapun yang mereka inginkan dengan mudah dan adakalanya seseorang yang sedang berada di atas selalu di dekati banyak orang, tetapi sebaliknya ketika mereka berada di bawah sulit sekali untuk meraih keinginan yang mereka dambakan dan selalu saja ada rintangan yang harus mereka hadapi. Sewaktu sesorang sedang berada di atas selalu banyak yang menemani tetapi biasanya disaat orang tersebut jatuh teman-teman yang biasa menemani akan menghindari mereka, hal itu dapat terjadi apabila seorang teman tersebut berteman hanya karena melihat status sosial. Maka, ada kalanya bagi mereka yang sedang berada diatas janganlah bersikap sombong dan angkuh serta harus selalu bersyukur serta membantu sesame dan ingatlah bahwa kesuksesan tersebut hanya bersifat sementara. Dan bagi mereka yang berada di bawah, janganlah berputus asa dan tetaplah semangat dalam meraih sesuatu. Karena masih banyak cara untuk mendapatkan kesuksesan tersebut yaitu dengan berusaha dan berdoa.

Hubungan dan Kausalitas merupakan paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh Paragraf hubungan dan Kausalitas:

Tahun 2012 telah berakhir dan kita sudah menyambut tahun 2013. Namun, banyak peristiwa yang telah terjadi pada setahun kemarin. Di penghujung akhir tahun 2012 hujan selalu turun setiap harinya. Derasnya hujan yang turun setiap harinya dan kurangnya lahan yang ada untuk resapan air serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, merupakan hal-hal yang memicu terjadinya banjir di sejumlah daerah di Jakarta. Seperti yang dapat kita lihat, di bulan desember 2012 kemarin, banjir kerap melanda sejumlah daerah bahkan di jalan-jalan protokol Ibu kota. Masalah banjir ini selalu saja menjadi masalah bagi kota Jakarta hampir setiap tahunnya.

 

 

About these ads

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: