Dayintapinasthika's Blog

January 10, 2012

Harapan Untuk Koperasi di Indonesia

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 2:23 pm

Harapan Untuk Koperasi Di Indonesia

Koperasi di Indonesia saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di dunia juga. Eksistensi koperasi sejak jaman dulu sampai sekarang telah banyak berperan dalam pembangunan khususnya di Indonesia dan umumnya di dunia.

Di Indonesia koperasi menjadi salah satu unit ekonomi yang punya peran besar dalam memakmurkan Negara ini sejak zaman penjajahan sampai sekarang. Koperasi telah membantu pembangunan ekonomi Negara-negara di dunia, baik di Negara maju maupun di Negara berkembang. Hanya saja kondisi koperasi di Indonesia tidak sepesat di negara-negara maju. Berikut adalah harapan-harapan saya untuk koperasi di Indonesia.

Harapan saya untuk kemajuan koperasi di Indonesia semoga koperasi yang sudah ada sekarang lebih diperhatikan lagi perkembangannya, dari segi anggota, modal usaha dan manajemen dan kinerja para anggotanya. Jangan hanya koperasi yang ada di kota-kota besar saja yang diperhatikan, justru keadaan koperasi yang ada di daerah-daerah terpencil harus diperhatikan keberadaannya dan dikelola dengan sebaik mungkin. Dari sisi pelayanan koperasi, saya rasa juga harus lebih ditingkatkan agar orang lain yang melihatnya merasa tertarik untuk ikut bergabung dalam keanggotaan koperasi tersebut. Bila anggota aktif koperasi semakin banyak maka hal tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan koperasi.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk kemajuan koperasi di Indonesia adalah mengadakan promosi. Oleh karena itu koperasi yang sudah ada maupun koperasi baru harus mengadakan promosi terhadap keberadaan dan kualitas koperasi tersebut. Tentu saja promosi yang disampaikan harus membawa pesan-pesan yang hendak disampaikan. Cara promosi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Koperasi dituntut untuk menciptakan kondisi dimana seluruh aspek yang ada di dalamnya dapat berkomunikasi dengan baik dengan pihak luar.

Koperasi pun harus tanggap terhadap perbedaan, oleh karenaitu kecermatan membaca fenomena yang terjadi di sekitar, merupakan kemutlakan agar koperasi tidak tertinggal ataupun bahkan tersingkir oleh perubahan-perubahan yang ada dengan segala implikasi yang ditimbulkannya. Misalnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini akan lebih mempermudah koperasi dalam tugasnya.
Maka perlu dilakukan pembaharuan paling tidak atas dua hal penting dalam koperasi, yaitu perubahan paradigma dalam pembangunan ekonomi di sektor koperasi, dan pemulihan jati diri koperasi. Di mana keduanya berhubungan untuk saling mengisi dan saling menopang sehingga rasa kebersamaan yang terwujud dalam jati diri koperasi tidak akan luntur. Tujuan awal didirikannya koperasi juga dapat tercapai dengan baik sesuai keinginan dan harapan para pendirinya.

Untuk meningkatkan kinerja koperasi di Indonesia sebenernya sangatlah sederhana. Pembentukan koperasi harus sepenuhnya datang dari masyarakat atau pengusaha dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan. Pembentukan koperasi jangan dilandasi oleh tujuan-tujuan sosial dan terlebih lagi jangan dipaksakan oleh pemerintah. Tetapi jika pembentukkan koperasi dipaksakan dan jika paradigma koperasi di Indonesia tidak berubah dari orientasi sosial-politik ke orientasi bisnis, maka di Indonesia hanya akan dikenal dengan hari koperasinya saja bukan keberadaan koperasi itu sendiri.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: