Dayintapinasthika's Blog

June 3, 2012

gangguan kesehatan yg memicu kegemukan

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 3:41 pm

Tujuh Gangguan Kesehatan yang Memicu Kegemukan

 

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk. Selain dipicu oleh banyak makan dan kurang berolahraga, terkadang bisa disebabkan beberapa kondisi kesehatan seperti ketidakseimbangan hormon dan kekurangan vitamin.  Berikut adalah 7 gangguan kesehatan yang memicu kegemukan.

1. Depresi

Ada bukti bahwa depresi berkorelasi dengan kenaikan berat badan. Penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan di American Journal of Public Health menemukan bahwa orang yang merasa sedih dan kesepian lebih cepat naik berat badannya daripada yang tidak sedih. Apalagi obat anti depresan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

 

2. Efek Samping Obat

Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan seperti pil KB, kelebihan hormon karena tetapi hormone steroid, beta-blocker untuk penyakit jantung dan tekanan darah, obat antikejang, obat kanker payudara seperti tamoxiven, beberapa pengobatan untuk rheumatoid arthritis, bahkan obat migrain dan nyeri ulu hati.

3. Pencernaan lambat

Gangguan pencernaan seperti lambat buang air besar juga dapat menambah berat badan. Idealnya buang air besar dilakukan satu jam setelah makan. Buang air besar sekali atau dua kali sehari masih dalam kisaran yang sehat. Tapi jika buang air besar tidak begitu teratur, dehidrasi dan kurang serat dalam usus juga bisa membuat cepat gemuk.

 

4. Kurang Nutrisi

Kekurangan vitamin D, magnesium atau zat besi dapat menggangu system kekebalan, kurang bertenaga atau menggangu metabolism. Akibatnya, terjadi kenaikan berat badan.

 

5. Penuaan

Seiring pertambahan usia, metabolisme tubuh melambat. Lansia membakar kalori lebih sedikit dibandingkan saat masih muda. Jadi, lansia perlu banyak berolahraga dan menjaga nutrisi agar metabolismenya berjalan.

 

6. Mengidap Fasciitis Plantar

Penyakit otot dan tulang seperti plantar fasciitis, osteoarthritis dan nyeri lutut atau pinggul dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak disengaja. Plantar fasciitis akan membuat penderitanya tidak banyak beraktivitas sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

 

7. Mengidap Sindrom Cushing

Berat badan disertai dengan tekanan darah tinggi, osteoporosis, perubahan warna dan kualitas kulit seperti berkas ungu atau keperakan pada perut dan kemerehan pipi bisa menjadi tanda bahwa tubuh tidak memproses nutrisi dengan tepat atau disebut sindrom Cushing.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: