Dayintapinasthika's Blog

June 3, 2012

Indocement bagikan deviden

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 3:45 pm

Indocement Bagikan Deviden Sebanyak Rp293 per Saham

 

Perusahaan semen merk “tiga roda”  PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk akan membagikan deviden sebesar Rp293 per saham, atau seluruhnya berjumlah Rp1,079 miliar dari hasil keuntungan penjualan 2011.

Hasil rapat umum pemegang saham tahunan PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk, telah memutuskan antara lain membagikan dividen sebesar Rp293 per saham, atau seluruhnya sejumlah Rp1.079 miliar, ekuivalen dengan rasio pembayaran dividen sekitar 30 persen.

Dividen yang akan diperoleh tersebut merupakan hasil penjualan selama 2011. Indocement telah membukukan volume penjualan domestic tertinggi dalam sejarah Perseroan yaitu sebesar 15,4 juta ton di 2011, atau 19,9 persen lebih tinggi dari penjualan 2010 sebesar 12,8 juta ton. Selama 2011 pangsa pasar domestic tumbuh cukup pesat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ekspansi pada bisnis Beton Siap-pakai (Ready-Mix Concrete/RMC) yang dilaksanakan dengan investasi yang cukup besar berupa penambahan batching plant dan truk mixer yang baru turut menyumbangkan kontribusi untuk meningkatkan pangsa pasar Perseroan.

Sementara untuk pangsa pasar ekspor, Perseroan memutuskan untuk mengurangi volume ekspornya sebesar 41,5 persen dari 1 juta ton pada 2010 menjadi 200 ton pada 2011, karena untuk memenuhi permintaan pasar domestic.

Dengan demikian, total volume penjualan Perseroan tumbuh sebesar 15,2 persen dari 13,9 juta ton pada 2010 menjadi 16,0 juta ton pada 2011.

Meski terjadi kenaikan biaya dihampir setiap aspek operasional, dengan penjualan domestic yang kuat, usaha efisiensi biaya dan focus yang jelas dari Perseroan dalam optimalisasi pembelian serta supply chain pada seluruh aspek operasional, maka Perseroan memperoleh dampak positif terhadap kinerjanya di 2011. Sehingga persroaan tetap dapat mempertahankan hasil yang sangat baik. Selanjutnya untuk mengimbangi sebagian kenaikan biaya, Perseroan berhasil meningkatkan harga jual domestiknya secara bertahap.

Sejak semester kedua dengan peningkatan harga jual rata-rata dalam negeri sebesar 3 persen. Didukung oleh tingginya penjualan domestic dan kenaikan harga penjualan domestic, pendapatan neto Perseroan meningkat sebesar 24,7 persen menjadi Rp 13,38 miliar dan 2010 Rp 11.13 miliar.

Laba kotor dalam jumlah absolute naik 15,8 persen menjadi Rp6,41 miliar dan 2010 Rp5,54 miliar, namun marjin laba kotor turun menjadi 46,2 persen dari 49,7 persen yang disebabkan oleh kenaikan harga yang telah diterapkan sejauh ini tidak dapat mengkompensasikan kenaikan biaya energi yang cukup besar sejak kuartal terakhir 2010.

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: