Dayintapinasthika's Blog

June 3, 2012

manfaat minyak ikan

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 3:38 pm

Selain Jantung Minyak Ikan Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Gigi

 

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan, ternyata tidak hanya bermanfaat untuk jantung. Para ilmuwan membuktikan bahwa nutrisi ini juga bisa meredakan periodontitis atau radang di jaringan penyangga gigi.

Radang pada jaringan penyangga gigi sering di obati dengan obat-obatan seperti aspirin. Selain untuk meredakan keluhan berupa rasa nyeri , obat ini juga ditujukan untuk meredakan bengkak akibat radang karena bersifat anti inflamasi.

Dr Alison Coates, ahli gigi dari University of South Australia baru-baru ini menemukan cara mudah untuk mempercepat kesembuhan periodontitis dan mengurangi keluhan-keluhan yang menyertainya. Cara yang dimaksud adalah dengan meningkatkan asupan omega 3 melalui minyak ikan.

Asam lemak omega 3 terbukti manjur untuk meredakan keluhan-keluhan yang menyertai periodontitis termasuk rasa nyeri. Tentunya efek yang maksimal hanya akan didapat jika pengobatan utamanya tidak ditinggalkan.

Dr Coates mengatakan, konsumsi minyak ikan sesuai standar yang disarankan sudah cukup untuk mengurangi keluhan-keluhan tersebut. Cukup 500 mg minyak ikan setiap hari atau setara dengan dua kali makan ikan tiap pekan.

Dan, minyak ikan tidak banyak memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak. Efek samping jika berlebihan hanya muncul pada orang-orang yang mengalami masalah dengan penggumpalan darah, sehingga perlu dikonsultasikan pada dokter.

Dr  Coates merekomendasikan agar setiap orang sebaiknya memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dalam diet mereka sehari hari.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.