Dayintapinasthika's Blog

November 6, 2012

Kerangka Karangan Tugas ke-2

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 8:02 am

Pola Hidup sehat Cegah Kanker

 

Separuh kasus kanker yang didiagnosa setiap tahunnya ternyata dipicu oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, konsumsi alcohol, atau pola makan yang tidak sehat.

Selama ini penyakit kanker di anggap sebagai salah satu penyebab kematian yang sangat membahayakan, selain penyakit jantung. Namun, berbagai penelitian masih belum mampu menemukan obat yang benar-benar manjur untuk penyakit tersebut.

Ironisnya, banyak orang beranggapan keturunan adalah faktor utama terjadinya serangan kanker dalam tubuh seseorang. padahal anggapan itu tidak benar. Sebagian pemicu utama terjadinya penyakit kanker adalah pola hidup yang tidak sehat. Perubahan pola hidup sehat diyakini bisa menjadi salah satu solusi menekan tingginya angka penderita kanker di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia.

Pakar gizi Dr Samuel Oetoro, MS SpKG menegaskan bahwa pada dasarnya faktor genetic merupakan salah satu risiko, sedangkan yang sering diklaim sebagai pemicunya adalah faktor gaya hidup. Sebenarnya apa yang jadi pemicu utama???

Seperti diketahui, kanker sudah menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Bagaimana tidak? Setiap tahunnya jumlah penderita dan korban jiwa terus bertambah.

Kanker adalah suatu penyakit yang ditimbulkan oleh sel tunggal yang tumbuh tidak normal dan tidak terkendali sehingga dapat menjadi tumor ganas yang dapat menghancurkan dan merusak sel atau jaringan sehat. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang sehingga ada baiknya kita mencegah kanker daripada mengobatinya. Kanker merupakan bentuk manifestasi gaya hidup yang sudah dijalankan seseorang. Fakta tersebut menunjukkan manusia lebih rentan terkena kanker karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan sembarangan dan kebiasaaan merokok. Ada beberapa macam-macam kanker dengan penyebabnya yang berlainan. Penyakit kanker yang paling dikenal seperti: kanker payudara, kanker usus, kanker paru paru,, serta kanker darah.

Jadi faktor keturunan hanyalah risiko. Pemicu utamanya tetap pada gaya hidup tidak sehat. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah?

Gaya hidup sehat biasanya bisa berawal dari pola makan. Terdapat empat prinsip yang patut dipegang dalam memilih makanan sehat agar terhindar dari kanker.

Pertama, makan dengan takaran yang seimbang menerapkan pola makan sehat dengan memperhatikan jumlah makanan yang masuk dan jumlah makanan yang dibakar dalam tubuh. Kurangi makan makanan junk food (makanan siap saji).

Kedua, jadwal yang teratur. Sebab, jadwal makan yang teratur akan membantu tubuh mencerna makanan sesuai dengan fungsinya setiap hari.

Ketiga, makan akan dengan jenis menu yang bervariasi. Jenis makanan yang sehat adalah makanan yang bervariasi. Asupan jenis makanan yang berbeda dapat memenuhi kebutuhan gizi manusia setiap waktu, walaupun tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Dengan demikian, jenis makanan yang masuk mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan mineral dengan takaran seimbang.

Keempat, teknik memasak. Memasak yang sehat juga merupakan unsur penting dalam menciptakan pola makan sehat. Misalnya makanan yang direbus, dikukus atau dibakar lebih baik daripada makanan yang digoreng. Penting juga untuk mengganti jenis masakan.

Bagaimana penerapannya?

Pada dasarnya, pola hidup yang seharusnya dijalankan masyarakat tidak cukup hanya pola hidup sehat saja melainkan pola hidup sehat dan bugar. Karena sehat saja itu hanya berarti tidak sakit. Tapi belum tentu bugar. Oleh karenanya ubah pola hidup anda menjadi lebih sehat dan bugar.

“Jurus” agar hidup dapat lebih sehat dan bugar sangatlah mudah, hanya dengan melakukan 5S saja yakni, makan sehat, pikiran sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan sehat.

Agar lebih efektif bagaimana?
Agar proses pencegahannya lebih efektif, disarankan agar konsumsi buah diimbangi dengan sayur-mayur. Cukup tiga sampai lima porsi sayur, melengkapi nutrisi Anda agar terhindar dari ancaman kanker. Selain mengonsumsi sayur dan buah, ada baiknya anda konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti beras merah, kentang rebus yang dimakan dengan kulitnya karena memiliki serat tinggi, serta ayam tanpa kulit.

Jadi, info di atas sudah cukup kan bagi kita untuk merubah pola hidup agar lebih sehat. Segeralah kita rubah pola hidup kita menjadi pola hidup sehat dan bugar. Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobatinya.

Dari artikel di atas, kerangka karangan yang akan saya buat seperti dibawah ini

Kerangka Karangan adalah langkah terakhir pada tahap prapenulisan ialah pengorganisasian karangan. Menyusun kerangka berarti memecahkan topik ke dalam subtopik dan mungkin selanjutnya sub-sub topik. Sebelum menyusun kerangka kerja yang sebenarnya, kita dapat membuat kerangka kasar.

Topik: Pola Hidup Sehat Cegah Kanker

1. Penyakit kanker di anggap sebagai salah satu penyebab kematian yang sangat membahayakan

1.1 Belum adanya obat yang tepat untuk penyakit tersebut

1.2 Terjadinya serangan kanker pada seseorang, dianggap sebagai keturunan

1.3 Pola hidup tidak sehat menjadi sebagian utama pemicunya kanker

1.3.1 Dr Samuel Oetoro, MS SpKG sorang pakar gizi menegaskan faktor gaya hidup sering diklaim sebagai pemicunya

2. Jumlah penderita kanker di Indonesia semakin bertambah banyak

2.1 Orang yang memiliki pola makan sembarangan dan kebiasaaan merokok serta minum alcohol lebih rentan terkena   kanker

3. Penjelasan mengenai kanker

3.1 Definisi kanker

3.2 Macam-macam penyakit kanker

4. Merubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat

4.1 Berawal dari pola makan

4.1.1 Terdapat empat prinsip yang perlu diketahui dalam memilih makanan sehat

5. Menerapkan pola hidup sehat

5.1 Pola hidup yang dijalankan pola hidup sehat dan bugar

5.1.1 Untuk lebih sehat dan bugar dapat dilakukan dengan 5S

5.2 Agar lebih efektif banyak mengkonsumsi buah dan sayur mayur

6. Segeralah terapkan pola hidup sehat dan bugar

6.1 lebih baik mencegah penyakit daripada mengobatinya

 

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: