Dayintapinasthika's Blog

December 31, 2012

Asosiasi Pemerintah Provinsi sepakat Minta pusat hapus Subsidi BBM

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 6:50 am

Kebijakan Energi

Asosiasi Pemerintah Provinsi sepakat Minta pusat hapus Subsidi BBM

 

Para gubernur mengusulkan pemerintah menghapus subsidi bahan bakar minyak. Jika pemerintah tidak mau menghapus subsidi bahan bakar minyak tersebut, aturan penyaluran subsidi harus di ubah.

Usul tersebut disepakati oleh gubernur Sulawesi Selatan dalam rapat asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia, 27-28 desember 2012 di Toraja, Sulawesi selatan. Para gubernur memandang subsidi bahan bakar minyak harus di alihkan ke sekor lain.

Selain untuk infrastruktur, subsidi BBM juga direkomendasikan dialihkan untuk pembangunan system transportasi missal dan ekonomi kerakyatan. Subsidi untuk ekonomi kerakyatan, antara lain di arahkan pada mekanisasi pertanian, kerajinan rakyat, dan produksi massal oleh rakyat.

Apabila pemerintah tidak setuju menghapus subsidi BBM, peraturan dan pola penyaluran harus di ubah. Pengubahan untuk memastikan subsidi disalurkan tepat sasaran.

Sesuai arahan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi, PT Pertamina tengah melaksanaan tender pengadaan dan pemeliharaan perangkat teknologi system pemantauan dan pengendalian BBM bersubsidi. Pemenangnya akan diumumkan akhir Januari 2013. Dalam menetapkan pemenang tender, kami mempertimbangkan berapa besaran biaya investasi dan operasional system tersebut yang diajukan peseta tender.

Pengerjaan proyek itu akan mulai dilakukan bertahap pada februari 2013. Menurut rencana, perangkat teknologi pemantau BBM bersubsidi itu akan dipasang pada 92.000 kepala selang di 5.020 stasiun pengisian bahan bakar untuk umum Pertamina. PT Pertamina menargetkan system ini akan terhubung dalam jaringan (online) pertengahan tahun 2013 di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Tanggerang Selatan dan Bekasi. Jadi sampai akhir tahun depan system itu diharapkan sudah bias diterapkan di Jawa-Bali dan beberapa daerah di Kalimantan.

Sejauh ini PT Pertamina masih merumuskan skema bisnis system itu. Biaya investasi dan pengelolaan system berbasis teknologi itu akan dimasukkan kedalam biaya operasi perusahaan tersebut dan tidak terkait dengan dividen yang akan diseorkan kepada pemerintah selaku pemegang saham.

Sumber: Koran Kompas. Sabtu, 29 desember 2012

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: