Dayintapinasthika's Blog

January 12, 2013

Resiko Ekonomi Masih Ada

Filed under: Uncategorized — dayintapinasthika @ 2:59 pm

Resiko Ekonomi Masih Ada

Stabilitas keuangan cukup baik

Stabilitas system keuangan Indonesia berstatus normal kendati ada resiko yang harus diperhatikan. Resiko itu mencakup resiko internal dan eksternal, di antaranya kondisi ekonomi global yang masih tidak pasti. Harga komoditas yang terus turun juga menjadi resiko.

Turunnya harga komoditas minyak dan gas bumi (migas) dan nonmigas itu berpengaruh pada ekspor-impor dan transaksi berjalan. Dengan penilaian kondisi stabilitas system keuangan tiga bulan terakhir yang dilakukan Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) dalam rapat dikantor menteri keuangan.

Dari sisi anggaran pendapatan dan belanja negara, FKSSK menilai masih aman. Akan tetapi potensi tidak tercapainya bea keluar, Pajak Penghasilan nonmigas , dan penerimaan negara bukan pajak sumber daya alam migas menjadi cerminan pelemahan ekonomi global di Indonesia.

Pertemuan FKSSK ini menjadi bagian dari system peringatan dini terhadap system keuangan di Indonesia. Pertemuan berlangsung rutin dalam berbagai tingakatan lembaga FKSSK. Saat ini stabilitas system keuangan di Indonesia tahun 2013 cukup baik.

Dalam pertemuan pada rapat tersebut membahas resiko internal dan eksternal. Meski demikian resiko tersebut dinilai masih terkendali. Indonesia masih dalam situasi yang relative baik. Soal pelemahan nilai tukar rupiah tidak hanya akibat satu hal namun ada berbagai sebab, termasuk neraca pembayaran yang tertekan. Intinya walaupun melemah masih dalam hitung-hitungan fundamental ekonomi kita.

Defisit transasksi berjalan pada triwulan IV-2012 diperkirakan sebesar 2,3 persen produk domestic bruto (PDB). Angka itu sedikit lebih dalam dari perkiraan sebelumnya., yakni 2,2 persen PDB. Pada triwulan III-2012, deficit transaksi berjalan sebesar 2,4 persen PDB.

Tekanan terhadap rupiah masih aka nada, tetapi BI optimis bisa mengatasi. Berdasarkan kurs tengah BI, kemarin, nilai tukar rupiah Rp9.670 per dollar AS. Diperkirakan nilai tukar rupiah masih akan melemah akibat masih tingginya permintaan valuta asing oleh korporasi.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: